Banjir merupakan suatu bencana yang tidak dapat diduga sebelumnya, dikarenakan sifat air yang pasti mencari tempat yang lebih rendah. Banjir juga tidak pandang bulu dalam memilih benda-benda yang akan diterjang dan direndamnya, misalnya kendaraan roda 4 dan roda 2 kesayangan anda selain harta benda lainnya.
Untuk tips sementara ini hanya diperuntukkan bagi kendaraan korban banjir yang masih berteknologi karburator dalam pengkabutan bahan bakarnya baik untuk kendaraan roda 2 dan roda empat dan hanya bersifat darurat.
Peralatan dan bahan yang dibutuhkan
- Peralatan : obeng plus dan min, tang, kuas, kain lap, semprotan (kompresor angin), dongkrak, kunci ring dan pas seperlunya.
- Bahan : Cairan penetran, pembersih karburator, oli pencuci(oli yang larut dengan air), filter oli, dan oli mobil/motor pengganti (Banyak Berbagai merek pembuat yang beredar dipasaran)
Bila mobil atau motor anda terendam air akibat banjir atau terperosok dalam sungai sehingga air masuk kedalam mesin, tips dan info bisa menjadi solusi yang murah tanpa harus membongkar mesin.
Untuk Mobil Bensin dan Diesel
- Langkah I :
- Langkah II:
- Langkah III:
- Langkah IV:
- Langkah V :
- Langkah VI :
- Langkah VII :
Dan biarkan kondisi ini selama 2 jam , setelah itu gerakkan mesin agar berputar dengan cara sedikit mendorong mobil dalam kondisi masuk gigi 2 atau langsung distart, tetapi kabel koilnya dilepas, agar mesin tidak hidup tetapi hanya berputar sedikit saja supaya air yang terperangkap disitu dapat keluar dan bercempur dengan oli pelarut.
- Langkah VII:
- Langkah IX:
Setelah itu kuras kembali oli dari dalam mesin dan pastikan sudah tidak ada air dan buka filter oli dan periksa apa ada air disitu, bila masih ada air yang terlihat gantilah filter oli itu dengan yang baru, setelah ini barulah mesin bebas dari air yang masuk kedalam mesin.
- Langkah X :
Bagi mesin bensin dapat mengeluarkan air yang tersisa dari saluran filter bensin sebelum masuk kepompa injektor hisaplah air dari situ sampai selesai , atau membuka baut untuk mengeluarkan bensin dari floater dikarburator alirkan sampai air habis.
Bagi mesin diesel lakukan pemompaan melalui pompa tangan ditempat biasanya mengeluarkan busa dari tangki solar dan lakukan pemompaan sampai air habis
- Langkah XI :
Untuk Motor Bensin 4 tak
- Langkah I:
- Langkah II :
- Langkah III:
- Langkah IV:
- Langkah V:
- Langkah VI:
- Langkah VII:
- Langkah VIII:
Untuk Motor Bensin 2 tak
Langkah I dan II sama dengan mesin bensin 4 tak.
Langkah III:
buka busi dari lubangnya dan semprotkan oli spesial yang larut dengan air yaitu oli pelarut air sesuai dengan merek dan ukuran yang beredar dipasaran dengan sprayer agar dapat menjangkau silinder dan kruk as.
Langkah IV:
Gerakkan mesin dengan starter kaki tanpa dikontak dan posisi katup bensin tertutup sekitar 30 kali agar oli pelarut dapat bekerja melarutkan air yang ada dalam mesin, setelah itu pasang busi dan hidupkan mesin dengan oli samping Pertamina 2T Enviro atau 2T Sport TCA sekitar 5 menit dan mesin dapat berjalan normal kembali.
Bila air masuk ketangki bensin motor, dibawah tangki biasanya ada katup pengunci bensin , bukalah baut pada katup itu dan keluarkan air dari dalam tangki sampai habis.
Sumber: dari berbagai sumber dan pengalaman / Imam
0 comments:
Post a Comment
Terima Kasih Telah Memberikan Waktu dan Komentarnya
Thanks for your feedback