Bila Anda berpikir tentang keseimbangan keluarga dan tanggung jawab pekerjaan, apa yang terlintas? Suatu rasa iri karena rekan kerja Anda tampak mampu mengelolanya sedangkan Anda tidak? Atau mungkin Anda sudah merasa sukses melakukannya?
Jika Anda termasuk golongan yang pertama, Anda mungkin akan mempertanyakan bagaimana cara menjaga keseimbangan antara urusan kantor dan keluarga. Nah, untuk menjawabnya, coba simak saran berikut ini:
* Tentukan prioritas
Habiskan sedikit waktu untuk duduk dan membuat daftar tentang apa saja yang mesti Anda lakukan, dan beri peringkat kepentingan. Yang terpenting, letakkan paling atas. Dan bisa Anda dahulukan pengerjaannya.
* Bikin kalender keluarga
Kalau memungkinkan, buatlah kalender besar untuk menampung rencana seluruh keluarga. Komplet dengan jadwal, event, tempat, dan waktunya. Kalau Anda merujuk pada kalendar ini, maka tak akan terjadi double bookings. Usahakan membatasi mengatakan 'ya' - hanya pada segala sesuatu yang tercantum dalam prioritas.
* Membagi pekerjaan rumah tangga
Selalu ada toleransi untuk membagi urusan rumah tangga. Jangan Cuma dibebankan pada satu orang, melainkan harus dibagi bersama oleh keluarga. Bahkan anak kecil boleh punya tugas rumahan yang sesuai dengan usianya. Sehingga Anda nggak akan terbebani oleh urusan rumah tangga, di saat Anda harus menyelesaikan urusan kantor.
* Tentukan tujuan keluarga dan karir
Agar tak terjadi konflik dan bentrokan, memiliki tujuan bersama bisa jadi kegiatan mulia. Buatlah dalam tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Tapi, jangan terlalu kaku. Bersikap fleksibel lebih bijak daripada daripada terlalu 'saklek' pada satu tujuan.
* Habiskan waktu yang tak diinterupsi apa pun bersama keluarga
Manfaatkan setiap waktu luang bersama keluarga dimana Anda bebas menghabiskannya tanpa terganggu oleh urusan kantor. Bila mungkin rencanakan keluar rumah bersama semua anggota keluarga.
* Miliki waktu untuk Anda sendiri
Di samping memperhatikan kebutuhan keluarga, kebutuhan Anda sendiri sebagai pribadi, harus diperhatikan juga. Biar pun cuma beberapa menit,tapi Anda sangat memerlukannya. Anda akan kaget betapa Anda bisa memanfaatkan waktu itu untuk rileks dan menikmati hidup.
Memang, keseimbangan itu senantiasa diperlukan dalam hal apapun. So, Anda yang belum melakukannya, agar hidup Anda lebih manusiawi,seimbangkan urusan kantor dan karir Anda mulai dari sekarang. Anda setuju...?
=====
regards,
Yenny
"no matter how your heart is grieving...
if you keep on believing...
the dream that you wish will come true..."
__________________________________________________
Pages
May this blog useful for everyone....Semoga isi blog ini bermanfaat bagi yang membutuhkan
Saturday, November 21, 2009
Menjaga Keseimbangan Karir dan Keluarga
archive
Labels
Beauty
(19)
biography
(1)
calendar
(1)
career
(1)
computer tips
(18)
english corner
(906)
entertainment
(4)
family
(11)
friendship
(1)
general
(11)
happiness
(3)
health
(71)
horoscope
(6)
humor
(7)
info
(5)
inspiration
(106)
inspirational story
(37)
joke
(246)
knowledge
(2)
Kumpulan bacaan inspirasi
(777)
kumpulan bacaan santai dan rileks
(79)
kumpulan bacaan umum
(59)
kumpulan berita umum
(12)
kumpulan canda tawa
(291)
Kumpulan info Musik
(2)
kumpulan info umum
(54)
kumpulan ramalan santai
(6)
kumpulan tips belanja
(1)
kumpulan tips finansial
(13)
kumpulan tips karir
(2)
kumpulan tips kecantikan
(75)
kumpulan tips keluarga
(235)
kumpulan tips kesehatan
(436)
kumpulan tips komputer
(71)
Kumpulan tips manajemen
(208)
kumpulan tips motivasi
(303)
kumpulan tips properti
(55)
kumpulan tips umum
(279)
life
(3)
management
(16)
motivation
(98)
MP3
(5)
mp3 player
(1)
news
(2)
nice story
(18)
nspirasi
(1)
poem
(8)
quote
(5)
relationship
(127)
relax
(15)
thoughtful
(29)
thoughtful story
(34)
touching story
(6)
Search This Blog
My Blog List
Iseng iseng dapat duit
Powered by Blogger.
0 comments:
Post a Comment
Terima Kasih Telah Memberikan Waktu dan Komentarnya
Thanks for your feedback