Kalau anda bingung memilih pekerjaan mana yang pas buat anda, mungkin saran berikut bisa membantu. Ada enam langkah yang sebaiknya anda lakukan:
1--Tuliskan pada sehelai kertas, kriteria apa saja yang paling penting bagi anda dalam bekerja. Anda bisa menuliskan apa saja yang anda rasa penting, misal: gaji, fasilitas, kemudahan, gengsi, karier, dan sebagainya. Berilah bobot mulai dari yang tertinggi, yaitu yang paling penting bagi anda, hingga yang terrendah yaitu yang tidak begitu penting bagi anda. Misal, bila gaji merupakan faktor terpenting,berikan bobot 10, begitu seterusnya hingga hal yang tidak begitu penting.
2--Di samping kolom kriteria (no. 1), buatlah kolom mengenai pekerjaan yang menarik perhatian anda. Isikan jenis-jenis pekerjaan yang sedang anda pertimbangkan, misal, sebagai tenaga penjualan di perusahaan asuransi, bank, perusahaan industri, konsultan, dan seterusnya. Kemudian coba berikan bobot pada setiap jenis pekerjaan tersebut dengan mempertimbangkan kriteria yang anda susun pada point 1.
Misal, saat anda mempertimbangkan pekerjaan sebagai tenaga penjualan di perusahaan asuransi, pertimbangkan berapa besar bobot gaji, fasilitas karier,gengsi dan seterusnya. Mungkin saja, anda menganggap gaji di suatu pekerjaan tidak memiliki bobot yang besar, namun memberikan bobot yang besar pada point kemudahan. Dan seterusnya.
3--Kemudian, kalikan bobot pada point 1 dan point 2. Misal, kalikan bobot kriteria gaji (10) dengan bobot jenis pekerjaan asuransi (missal 8), maka anda akan mendapatkan bobot 80. Begitu seterusnya untuk setiap pekerjaan.
4--Lalu jumlahkan masing-masing hasil perkalian itu, sehingga anda mendapatkan total bobot untuk setiap pekerjaan. Jenis pekerjaan yang memberikan hasil penjumlahan tertinggi menunjukkan semakin tinggi tingkat kepuasan anda pada pekerjaan itu.
(diadaptasi dari Wanita Bekerja)
0 comments:
Post a Comment
Terima Kasih Telah Memberikan Waktu dan Komentarnya
Thanks for your feedback